twitter



Tidak bisa akses *123#, *360#, *466#, Why???
Pernah bertanya-tanya demikian kawan-kawan pengguna Lumia khususnya Lumia 510 (karena saya pengguna Lumia 510)??
Yaaa, awalnya pertanyaan ini yang menghantui batin saya:
Yaa memang untuk Cek Pulsa menggunakan *888# saya masih bisa seperti biasanya (karena saya pengguna Telkomsel, bahwa kabarnya juga operator lain ada yang lebih parah katanya, BAHKAN CEK PULSA SAJA TIDAK BISA), namun ketika saya mencoba dial untuk layanan USSD Telkomsel yang lain, yang saya dapatkan adalah notifikasi bahwa proses gagal yang secara lengkap kejadiannya seperti ini:
Seperti biasa saya coba ketikan *999# (ini adalah menu one stop nya telkomsel), namun setelah proses (waiting) muncul pemberitahuan bahwa session terminated, yang artinya kurang lebih sesi dihentikan.
Nahh, awalnya memang tak ada rasa curiga, namun lama-kelamaan kok HP ini cuma hanya perintah *888# (Cek saldo),*887#(Cek Pemakaian Terakhir Pulsa),*889# (Cek bonus).. mengapa???

Pernah Mengalaminya??

Setelah dari hasil googling, saya menemukan bahwa memang Hampir semua Seria Lumia, memang tidak support untuk merespon perintah USSD (yaaa..seperti *999#, dan lain-lain itu).
Lengkapnya USSD adalah:
Session Terminated, Saat Mencoba Dial USSD


USSD (Unstructured Supplementary Service Data) adalah proses atau teknologi untuk pertukaraninformasi teks antara sebuah telepon bergerak dan aplikasi pada jaringan operator. Teknologi USSD pertama kali dibuat untuk jaringan GSM dan kemudian tetap digunakan pada jaringan 3G/UMTS.
Sebuah kode akses USSD atau USSD message dari ponsel adalah digit yang diawali dengan tanda * dan diakhiri dengan tanda #. Setiap parameter dibatasi oleh tanda *.
Contoh-contoh USSD message yang dikirimkan ponsel ke jaringan operator:
*123#
*123*1*9789732404229650#
Respon yang didapat oleh pengguna dapat berupa:
  • informasi atau notifikasi yang tidak perlu jawaban, misalnya informasi jumlah tagihan (billing)
  • informasi atau pilihan yang berupa menu yang meminta jawaban dari pengguna.
          Sumber: http://ejlp.blogspot.com
LALU, SOLUSINYA BAGAIMANA????

Dari hasil googling saya, dan kunjungan ke forum-forum Nokia dan Microsoft (meski yang jawab bukan orang dari kedua perusahaan ini), kebanyakan mereka mengatakan bahwa, WP (or minimal WP 7.8) tidak support terhadap kode USSD ini. Ini saya kutip dari salah satu anggota forum:
"USSD doesn't work with Windows phone os currently which is a great setback really as in many countries USSD commands are the only way to know balance, activate/ deactivate data plans or other value added services"
"Sounds like you're attempting to do this over USSD, in which case, it's not a bug, Windows Phone simply doesn't support USSD right now"
Setidaknya saya menyimpulkan dari kalimat itu, yaaa satu-satunya solusi untuk bisa melakukan panggilan USSD seperti biasa adalah download aplikasi dari masing2 provider di market place bro gratis,buat cek pulsa,isi pulsa,atau pke pket internet

PARADIGMA

Namun, seberapapun susah aksesnya untuk kode USSD, saya adalah tetap seorang pecinta Lumia, khususnya 510. Menurut saya terlepas dari semua itu, apakah itu kekurangan yang bisa dimaklumi atau tidak, tergantung prinsip masing-masing. Sisi saya, menganggap, tak masalah untuk hal ini.

5 komentar:

  1. cek pulsa di lumia gampang kok, buka aplikasi, cari telkomsel. download aplikasi TelkomselMobil. setelah terinstal, buka aplikasi. pilih cek pulsa. silahkan coba. Tapi dengan syarat kalau kartunya pakai telkomsel.

  1. Menurut saya, dari puluhan handphone yang sudah saya pake, nokia lumia 820 paling memenuhi segala kebutuhan, memenuhi segala kenyamanan dan segala kepraktisan. singkat, padat, lengkap. dan sangat mudah dioperasikan. boleh coba,

  1. ya kalo pake tri saya udad install Bimatri ... awalnya ribet dan bete. tapi lama kelamaan jadi ngerti. :)

  1. sama ni saya jga gak bisa cek pulsa saya di lumia 800 ni

  1. kalo pake axis bgaimna ni

Posting Komentar